HMINEWS – 66 Tahun Indonesia sudah Merdeka. Dalam semangat kemerdekaan, Rumah Ekonomi Rakyat menegaskan pentingnya kemerdekaan ekonomi bagi seluruh rakyat Indonesia.

Kemerdekaan Ekonomi yang sejati, dan Kemakmuran bagi semua serta Keadilan ekonomi dan kesempatan yang sama untuk memperoleh kesejahteraan bisa dicapai dengan memaksimalkan sumberdaya ekonomi untuk kepentingan rakyat, mendistribusikan sumber-sumber ekonomi secara merata, meningkatkan produktivitas rakyat dengan insentif, dan memfasilitasi kegiatan ekonomi kreatif.

Demikian hal tersebut disampikan Amirullah.,M.E, Direktur Rumah Ekonomi Rakyat dalam rilisnya yang diterima redaksi rimanews Selasa (16/8/2011) di Jakarta.

Amirulla menilai, pertumbuhan Ekonomi harus diimbangi dengan pemerataan ekonomi. Indonesia berhasil mencapai keseimbangan ekonomi makro yang bagus.

“Ini ditandai dengan pertumbuhan ekonomi, meningkatnya IHSG, menguatnya Rupiah terhadap USD, menurunnya persentase kemiskinan. Namun hal-hal ini harus disertai dengan distribusi pemerataan ekonomi secara progresif untuk menghindari disparitas ekonomi yang tinggi” katanya.

Ekonomi sektor riil dan UMKM, kata Amirullah, harus mendapat perhatian dan pemberdayaan penuh dari pemerintah.

“Pemerintah dapat menjadi mediator antara swasta dan masyarakat untuk menyalurkan dana CSR (Corporate Social Responsibility) demi membangun semangat kewirausahaan dan meningkatkan produktivitas ekonomi masyarakat” Jelasnya.

Pemerintah, katanya, harus mendorong dan memfasilitasi masyarakat dalam memberdayakan ekonomi kreatif yang bernilai ekonomi tinggi dan berkualitas  ekspor.

“Hal ini untuk menangkal serbuan barang impor dari China, Vietnam dll”, demikian Amirullah.[]dni