HMINEWS, Bandung –  Karena biaya kuliah mahal, mahasiswa Universitas Pendidikan Bandung (UPI) melakukan demonstrasi. Para mahasiswa yang dikoordinasi oleh BEM dan organisasi kemahasiswaan lain se-UPI mendemo pihak rektoran yang dianggapnya tidak becus mengurus pendidikan sehingga biaya pendidikan menjadi sangat mahal.

Sebagaimana diungkapkan oleh para pendemo, mahasiswa baru UPI harus membayar biaya masuk sekitar Rp10 juta. Selain itu, biaya sumbangan penyelenggaraan pendidikan (SPP) pun naik dari Rp700.000 menjadi Rp1,7 juta.

Presiden Mahasiswa UPI Ali Mahfud mengatkan, dengan label baru Badan Hukum Milik Negara (BHMN), UPI telah menjelma menjadi universitas yang mahal. Terjadi kenaikan biaya pendidikan di UPI pada tahun ajaran 2011/2012 ini.

“Kita dari pihak BEM dan Ormawa se-UPI banyak kedatangan calon mahasiswa yang mengantre untuk minta advokasi. Setidaknya ada 400 mahasiswa baru meminta advokasi dan hingga kini belum ada kejelasannya,” terang Ali Jumat (12/8/2011).

Aksi dimulai sekitar pukul 09.30 WIB yang mengambil jalur dari Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM), Direktorat Akademik UPI. Siang ini setelah shalat Jumat, rencananya Rektor UPI Sunaryo Kartadinata akan bertemu dengan perwakilan mahasiswa yang berdemo.[] inilah/lara