HMINEWS – Bekas Bendahara Umum Demokrat, M Nazaruddin sempat menyediakan 2 juta dolar AS untuk kepentingan Kongres partai Demokrat di Bandung tahun lalu.

Adalah Yulianis, anak buah M Nazaruddin di PT Anak Negeri, yang mencairkan dolar tersebut. Tercatat sebagai staf Keuangan PT Anak Negeri, Yulianis berkantor di Gedung Tower Permai, daerah Mampang, Jakarta Selatan.

“Menjeleng kongres Partai Demokrat diperintahkan Nazaruddin mencairkan uang. Itu uang perusahaan,” ujar Yulianis saat diwawancara stasiun TV RCTI dan disiarkan live, Senin, (18/7).

Setelah dibawa ke Bandung, 2 juta dolar tersebut tak jadi digunakan. Dibawa balik ke Jakarta, Yulianis pun mengamankannya ke kas perusahaan. Tak hanya uang 2 juta dolar yang diterima Yulianis, tapi ada uang lainnya.

“Uang perusahaan yang saya serahkan tidak terpakai, kembali ke perusahaan. Tapi ada tambahan uang dari kongres. Karena bukan uang perusahaan saya kasih ke istrinya (istri Nazaruddin: Neneng Sri Wahyuni),” bebernya.

Berapa uang lebih yang dibawanya, Yulianis tak mau menyebutkannya. Yang pasti, katanya, dia mengatakan semuanya transaksi keluar masuk uang di PT Anak Negeri selalu dicatatnya dan salinanya kini dipegang pengacaranya, Radjasa Supriadi.

Dari mana uang lebih berasal?

“Saya tidak tahu,” jawabnya.[]RMOL/ian