HMINEWS – Istri Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum, Athiyyah Laila, menolak memberikan penjelasan soal kedekatannya dengan Yulianis, salah satu saksi kasus suap wisma atlet. Ia dikenal sebagai anggota staf keuangan perusahaan bekas Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin.

Athiyyah menolak menemui Tempo yang datang ke rumahnya di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, kemarin pagi. Athiyyah, menurut petugas keamanan di rumahnya, berada di kamar. “Sejak syukuran beberapa waktu lalu, Ibu memang lelah dan sering ada di kamar,”kata Yadi, petugas itu.

Sekitar pukul 10.30 WIB, tiga orang tamu keluar dari rumah itu. Namun, baik Anas maupun Athiyyah tak terlihat. Belakangan diketahui Anas keluar dari pintu belakang tak lama setelah tamunya itu pergi. Sekitar pukul 11.30, Athiyyah menyusul meninggalkan rumah. Lagi-lagi melalui pintu belakang.

Pada malam sebelumnya, Tempo, yang mencoba bertemu dengan Athiyyah, juga hanya berhadapan dengan seseorang bernama Andi. Dia mengaku asisten pribadi dan masih saudara Athiyyah. “Kalaupun mau ditemui, Ibu pasti akan berkata tidak ada hubungan (dengan Yulianis dan Rosalina”tersangka kasus wisma atlet),” ujarnya saat itu.

Sementara itu, alamat rumah di sebuah cluster mewah di kawasan Castilla Bumi Serpong Damai ternyata bukan kediaman Yulianis seperti yang disebutkan dalam berita acara pemeriksaan milik Komisi Pemberantasan Korupsi. “Bukan. Di sini tidak ada yang namanya Yulianis,” kata seorang wanita bernama Dian di rumah itu.

Yulianis sendiri, menurut warga tetangga rumah mertuanya di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur, telah pindah ke Bekasi, Jawa Barat, sejak tiga tahun lalu. Perempuan 31 tahun yang sehari- harinya mengenakan kerudung itu dikenal ramah. “Kalau ada pengajian dan arisan, dia ikut, tapi pekerjaannya apa kami tidak pernah tahu pasti sebelum kasus ini meledak,” kata seorang tetangga bernama Wahyu.

Menurut Wahyu, petugas KPK, kuasa hukum, dan media sebelumnya juga datang ke rumah itu mencari Yulianis. “Dari situ kami baru tahu kalau dia ada kaitannya dengan Nazaruddin,” kata tetangga yang lain.[]tempo