HMINEWS – Cerita Nazaruddin yang menuding sejumlah elite Partai Demokrat termasuk Anas Urbaningrum  menerima aliran dana dalam megaproyek Wisma Atlet SEA Games, bisa dipakai KPK sebagai bukti awal.

Mantan Plt Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean mengatakan, apa yang disampaikan Nazaruddin melalui BBM, SMS, atau sambungan telpon, sudah bisa menjadi bukti awal bagi KPK.

“Katakan, yang disebut Nazaruddin itu bahan mentah untuk KPK. Itu kan dikumpulkan semua. Jadi yang dibilang Nazaruddin itu tidak pernah sia-sia, walaupun KPK sebagai lembaga penegak hukum tetap harus mencari tahu lebih lanjut terkait laporan-laporan tersebut,” katanya saat dihubungi di Jakarta, Kamis (21/7).

Menurut dia, yang disampaikan Nazaruddin harus dicari tahu lebih lanjut oleh KPK. Kata dia, KPK bisa saja mencari tahu dari orang-orang yang punya kaitan dengan pihak-pihak yang disebut Nazaruddin ikut terlibat.

“Bisa saja keterangannya diberikan tertutup atau terbuka, itu tergantung penyidik dan sumber informasi. Yang pasti selain dari laporan-laporan media, KPK harus mencari tahu dari orang-orang yang diduga punya kaitan dengan nama-nama yang disebutkan Nazaruddin,” ujar dia.[]mi/ian