HMINEWS – Terpidana kasus LC fiktif Bank Century M Misbakhun tertangkap basah wartawan sedang berkeliaran di restoran pusat perbelanjaan Ratu Plaza, Jl Sudirman Jakarta. Padahal ia seharusnya menjalani hukuman selama dua tahun.

Adalah wartawan Metro TV Monique Rickers yang memergoki Misbakhun sedang berada di restoran Rice Bowl bersama istri dan anaknya. Peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14.05 WIB.

Monique yang hendak makan di kawasan tersebut, tiba-tiba melihat pria yang akrab dilihatnya mengenakan batik warna cokelat. Ia pun sempat mengabadikan gambar tersebut, namun Misbakhun menunduk. Saat mengejar Misbakhun, istri Misbakhun sempat menghalangi supaya tidak mengambil gambar dan mewancarai.

Ke Mal Hanya Servis Laptop

Keberadaan terpidana kasus letter of credit (LC) Bank Century, Muhammad Misbakhun, di mal Ratu Plaza mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, seharusnya politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mendekam di balik jeruji penjara LP Salemba.

Menyikapi hal tersebut, Kepala LP Salemba Yus Fakhruddin mengatakan, Misbakhun diperbolehkan keluar karena program asimilasi sesuai dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang pemasyarakatan. Keputusan asimilasi ini berlaku sejak 13 Juni 2011 lalu.

“Misbakhun mengikuti asimilasi karena ditunjuk menjadi staf keuangan di PT Energi Bara Prima yang beralamat di Jalan Iskandar Muda. Semua persyaratan sudah dipenuhi,” kata Yus kepada wartawan di kantornya, Rabu (13/7/2011).

Dia menambahkan, sejumlah persyaratan tersebut di antaranya, Misbakhun sudah menjalani setengah hukuman dan memenuhi administrasi persyaratan. Selain itu, keluarga dan PT Energi Bara Prima juga ikut menjamin. Bahkan, BPKB kendaraan milik Misbakhun juga ikut dijaminkan.

“Tadi dia ke Ratu Plaza karena disuruh servis laptop oleh bosnya. Karena bisa ditunggu, makanya dia menyempatkan makan siang di sana,” pungkasnya.[]oz/kmps/tribun