HMINEWS – Mantan Ketua PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif menganggap Indonesia terus bertahan pada kegagalan. Ia mengakui bangsa ini tidak mengalami kemajuan signifikan dalam pembangunan.

“Negara ini nyaris gagal. Kalau Indonesia bisa bertahan hingga kini, ini sungguh mukjizat. Ini yang memberi harapan,” ujarnya dalam Pidato Kebangsaan Hari Ulang Tahun Surya Paloh di Gedung Pola, Komplek Tugu Proklamasi, Jakarta, Sabtu (16/7).

Ia mengungkapkan, permasalahan yang bertubi-tubi menimpa bangsa tak pernah diselesaikan secara tuntas. Buya menyebutkan, permasalahan ini terjadi di beberapa bidang, seperti hukum, ekonomi, dan sosial.

Di bidang hukum, negara telah kalah menghadapi Nazaruddin. Penegak hukum tak berdaya untuk memaksa mantan Bendahara Partai Demokrat ini untuk menjalani proses hukum.

Di bidang ekonomi dan sosial, Buya mengingatkan kembali permasalahan kemiskinan yang terus menerus menjerat masyarakat. Pemerintah tidak pernah hadir untuk memberikan penyelesaian konkrit seperti pendidikan gratis.[]MI/ian