HMINEWS – Para pendiri Partai Demokrat mengaku prihatin dengan kondisi yang tengah dialami oleh partainya akhir-akhir ini. Sebab telah terjadi sejumlah penyimpangan-penyimpangan dari amanat pendirian partai.

“Tentu prihatin, karena partai ini didirikan oleh idealisme, dengan semangat penuh harapan agar memberikan kontribusi yang terbaik untuk negara,” ujar salah satu pendiri Partai Demokrat, Vence Rumangkang di Hotel Sultan Jakarta, Senin (4/7/2011).

Menurut Vence, saat ini Partai Demokrat sudah menyimpang dari semangat awal. “Memang harus diluruskan kalau ada kader yang menyimpang dari idealisme ini tentu kami minta DPP untuk meluruskan,” kata Vence.

Untuk kasus Nazaruddin, kata Vence, pendiri Demokrat memilih menyerahkan anggota komisi VII DPR tersebut ke KPK. “Khusus yang bersangkutan (Nazaruddin) dengan masalah hukum kami serahkan lah kepada KPK atau pada polisi harus diambil tindakan,” tuturnya.

Vence menjelaskan dirinya pernah memperingatkan kepada pengurus partai untuk hati-hati dalam merekrut kader. Pasalnya, Demokrat tengah menikmati kekuasaan sehingga dikhawatirkan akan dimanfaatkan pihak lain.

“Setelah kongres di Bali waktu itu saya sampaikan hati-hati dalam rekrutmen kader yang bisa menimbulkan masalah, karena Demokrat dengan begitu cepat berkembang pesat. Orang berlomba-lomba ingin ikut euforia di dalamnya,” paparnya.[]OZ/ian