HMINEWS – Kementerian Pendidikan Nasional akan menggelar International Indonesia Mathematics Competition (IIMC) 2011. Kompetisi ini rencananya akan digelar pada 18-23 Juli di Bali dan diikuti sedikitnya oleh 1.108 peserta yang berasal dari 28 negara.

IIMC adalah kompetisi Matematika internasional untuk para pelajar tingkat SD dan SMP. Terdapat dua jenis kompetisi dalam IIMC, yaitu kompetisi individu dan kompetisi tim. Setiap negara mengirimkan satu sampai empat tim per tingkat, di mana setiap tim berjumlah enam orang yang terdiri atas seorang team leader, seorang deputy team leader, dan empat siswa.

“Tujuan kompetisi ini adalah untuk membangun kerja sama internasional dalam pengembangan program dan kurikulum Matematika serta memotivasi dan memberi kesempatan kepada siswa untuk berpartisipasi dalam pertukaran pengetahuan dan budaya,” kata Kasubdit Program dan Evaluasi Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional Samino, Jumat (15/7/2011), di Jakarta.

Dalam kompetisi ini para peserta berkesempatan memperebutkan ratusan medali. Untuk SD terdapat 40 emas, 80 perak, dan 121 perunggu. Sementara itu, untuk tingkat SMP terdapat 47 emas, 93 perak, dan 120 perunggu.

Penghargaan yang diberikan meliputi penghargaan grup, tim, dan overall prizes. Penghargaan grup adalah penghargaan bagi tim dengan jumlah tiga kali nilai terbaik dari anggota timnya. Adapun penghargaan tim adalah penghargaan bagi tim yang memiliki nilai terbaik pada jenis kompetisi tim.

Sementara itu, overall prizes adalah penghargaan bagi tim yang menjumlahkan nilai empat anggota tim hasil kompetisi individu dengan nilai tim. Medali yang disediakan untuk penghargaan grup dan penghargaan tim adalah 6 medali emas, 12 medali perak, dan 18 medali perunggu. Untuk overall prizes adalah 1 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu.

“Kami tidak ingin membebani siswa dengan memberikan target. Namun, saya yakin, kita akan menyabet lebih dari empat medali,” kata International Mathematic Executive Board Committee Elvira.[]kmps/ian