HMINEWS – Ketua Umum Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI), Muhammad Chozin Amirullah menegaskan Mahfud MD layak untuk didukung kembali memimpin Mahkamah Konstitusi (MK)  karena terbukti mampu menegakkan konstitusi dan berpihak kepada rakyat.

“Saya berharap beliau menjabat lebih lama lagi,” kata  Chozin kepada Rakyat Merdeka, kemarin

Dalam sistem penegakan hukum saat ini, kata Chozin, masyarakat membutuhkan institusi penegak hukum yang bisa dipercaya dan berpihak kepada kebenaran.

Seperti diberitakan koran ini kemarin, kursi Ketua MK mulai jadi perbincangan di gedung parlemen. September mendatang, atau empat bulan lagi dari sekarang, pemilihan Ketua MK bakal digelar.

Chozin yakin. Mahfud layak dipertahankan karena telahmempelajari berbagai laporan sebelum mengambil keputusan. “Sejauh ini, kinerja Ketua MK bagus. Karena saya pernah berinteraksi langsung dengan beliau saat sidang.”

Dia pernah mengajukan tiga kali judicial review ke MK. Pertama tentang badan hukum pendidikan dan berhasil. Kedua, tentang undang-undang pelarangan buku, juga berhasil.

Namun, jika nantinya Mahfud tidak terpilih lagi. Chozin berharap Ketua MK yang baru lebih baik dan tegas. Selain itu, juga berani secara terang-terangan mengungkapkan upaya penyuapan terhadap MK.

Sebelumnya, anggota Komisi III DPR Ahmad Yani mengatakan, peluang Mahfud kembali terpilih sebagai Ketua MK cukup besar. Sebab, Mahfud termasuk hakim konstitusi yang memiliki prestasi cemerlang.[]rmol/ian