HMINEWS – Kongres HMI ke 28 di Pekanbaru merupakan ajang silahturahmi kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Suluruh Nusantara untuk saling berbagi dan sekaligus melakukan evaluasi kinerja menuju arah yang lebih baik . Kongres merupakan sebuah ajang penentuan nasib HMI sebagai sebuah organisasi mahasiswa yang konsisten untuk menegakkan kebenaran dan melawan rezim yang munkar. Kader-kader terbaik pun  siap untuk bertarung secara fair.

Asykur, kader HMI cabang Bekasi yang juga pendiri HMI Cabang Nias menyatakan kesiapannya untuk maju dalam pemilihan Ketua Umum PB HMI periode 2011-2013.

“Kalu melihat kondisi yang ada, Saya siap untuk memimpin HMI kedepan, jika peserta kongres menghendakinya” kata Asykur di Jakarta (7/6/2011)

Kondisi HMI sekarang ini, menurut Asykur, sangat berbeda dengan 10 tahun yang lalu. Ruh dalam jiwa setiap kader HMI sudah sangat melemah, dengan berbagai kepentingan para elit yang dihembuskan dalam berbagai kegiatan dan program HMI.

“Perlawanan terhadap kemungkaran hanya sebatas menunggu waktu dan moment bukan melihat realita masyarakat yang semakin sengsara” katanya

Asykur juga mengimbau depada setiap kader yang menjadi utusan harus jeli untuk menilai dan memilih Calon pemimpin kedepan

“Jangan pilih kucing dalam karung”, tegasnya.

Menurut Asykur, HMI bukan sebagai wadah kepentingan dan kendaraan untuk kemajuan individu, kelompok ataupun sebagainya.

“Sudah saatnya singa yang pingsan harus dibangunkan, sehingga dengan hawa nafsu maka tujuan dan cita-cita yang telah dibenamkan oleh para pendiri dan Alumni terkikis sia-sia” kata Asykur.

Sementara itu, Peserta kongres dari Cabang Tual Mohamad Zen, berharap siapa pun yang memimpin ke depan dapat memiliki konsisten.

“Siapapun yang menjadi Ketua, semua kader HMI harus mengikuti dan bekerjasama dengan baik, demi kemajuan HMI yang semakin lebih baik”, kata Zen

Berdasarkan informasi yang dihimpun HMINEWS, selain Asykur masih ada nama lain yang layak untuk memimpin HMI kedepan, seperti Azwar dari Cabang Yogyakarta, Makmur Alto dari Cabang Makassar, Heri Ismanto dari Cabang Pekan Baru.

“Nama –nama tersebut merupakan kader terbaik, jadi sangat layak untuk dipertinbangkan” kata Zen.[]ian