HMINEWS – Fadli Zon, politisi muda yang menjabat Wakil Ketua Umum Partai Gerindra kini memliki rumah budaya di di Aie Angek, Kecamatan Sepuluh Koto, Tanah Datar, Sumatra Barat. Rumah Budaya itu nantinya banyak menyimpan koleksi benda kuno yang bernilai tinggi dari kebudayaan Minangkabau.

Sastrawan Taufiq Ismail dijadwalkan meresmikan Rumah Budaya Fadli Zon. Dalam kesempatan itu, Gubernur Irwan Prayitno juga dijadwalkan hadir.

Konsep yang diusung dalam Rumah Budaya itu adalah selain menyimpan koleksi benda kuno, juga akan digunakan sebagai tempat pementasan kesenian Minangkabau. Misalnya, saluang, raba, randai, dan tari-tarian. Tujuannya adalah melestarikan budaya Minangkabau.

Dengan berdirinya Rumah Budaya itu, diharapkan mampu menjadi lokasi baru sebagai tujuan wisata di Tanah Datar. Menurut pengelola Rumah Budaya, Edin Hadzalic, ketika Rumah Budaya itu diresmikan, dua sastrawan besar lainnya turut hadir. Mereka adalah Ajip Rosidi dari Yogyakarta dan Suratman Makasan dari Singapura.

Rumah Budaya itu berdiri di atas lahan seluas 4.700 meter persegi. Dan saling berhadapan dengan Rumah Puisi milik Taufiq Ismail.[]lip6/ian