HMINEWS – Minggu (26/6/2011) Yayasan Anand Ashram (YAA) kembali melakukan acara bakti sosial. Kali ini mengambil tempat di Panti Sosial Tresna Werdha Budi Mulia 4 Margaguna. Tepatnya di Jln. Margaguna No. 1 Radio Dalam, Kelurahan Gandaria Selatan, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Tresna Werdha Budi Mulia 4 Margaguna merupakan unit pelaksana teknis bidang kesejahteraan sosial lanjut usia. Terdaftar dalam Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta. Panti ini memberi pelayanan kepada masyarakat. Khususnya para lanjut usia yang tidak mampu. Tresna Werdha diresmikan oleh Menteri Sosial, Nani Soedarsono SH pada 20 Februari 1988 silam.

Acara seharusnya dimulai pukul 08.00 pagi tapi dimajukan 20 menit dari jadwal semula. Karena antusiasme para bapak dan ibu di Panti Werdha tersebut. Mereka sudah berkumpul di Aula tatkala kami sedang mempersiapkan tempat.

Bakti sosial rutin diadakan oleh YAA.  Acara ini bukan sekedar bentuk kepedulian Yayasan yang didirikan Anand Krishna itu terhadap masyarakat, tapi juga sebagai sarana untuk mempraktikkan kesadaran dan meditasi dalam kehidupan sehari-hari. Bakti sosial niscaya mengingatkan bahwa dengan melayani orang lain sejatinya kita melayani diri sendiri.

Acara ini diikuti oleh 160 orang lebih. Sebagian besar berusia 65 tahun ke atas. Berasal dari Panti Werdha dan teman-teman dari Anand Ashram sendiri. Banyak dari para lanjut usia (lansia) lainnya tidak dapat mengikuti acara di Aula karena sakit. Sehingga mereka terpaksa harus berbaring di kamar masing-masing.

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua panitia, Rudi Hartono. Lantas, dilanjutkan dengan menyanyi bersama para lanjut usia. Yang tak kalah heboh ialah sesi olah raga tawa yang dipandu Sitha Soerjo dan Dewi Juniarti. Pasca olah raga tawa, semua bernyanyi dan menari bersama dengan penuh semangat.

Sebagai tanda tali kasih dan silaturahmi, Yayasan Anand Ashram (telah berafiliasi dengan PBB) memberikan bingkisan yang diwakili oleh Slamet Harsono, Hasibuan, dan Ryan. Acara ditutup dengan makan bersama bapak dan ibu di sana. Saat itu, kami mengantar makanan kepada para lanjut usia. Khususnya bagi mereka yang mengikuti acara dari dalam kamar. Karena kesulitan untuk berdiri, berjalan, dan datang ke Aula secara langsung.

Acara ini sangat mengesankan. Aura keceriaan terpancar dari para lanjut usia yang dikunjungi. Hal ini otomatis menular pada teman-teman dari Anand Ashram. Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung acara ini. Dan terutama bagi para bapak dan ibu di Panti Werdha Budi Mulia 4 Margaguna.

Reporter: Adrian Kristanto. Foto: Satu Bumi, Prabu Dennaga. Editor: T. Nugroho Angkasa