HMINEWS.COM

 Breaking News

Mengatai Anak PKI, Ruhut Disidangkan

February 23
01:47 2011

Jakarta, HMINEWS –  Sidang antara para aktivis yang menggugat Ruhut Sitompul karena menyatakan bahwa para penolak gelar pahlawan Suharto adalah anak-anak PKI akan digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pagi ini (Rabu, 23/2/2011) pukul 09.00 WIB.

Sebagaimana pernah diberitakan sebelumnya, pada hari Selasa 11 Januari 2011 lalu Ruhut Sitompul dilaporkan ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat karena mengeluarkan pernyataan yang kontroversial. Ruhut menyampaikan pernyataan bahwa orang-orang yang menolak gelar pahlawan Suharto hanyalah anak PKI.

Pernyataan tersebut menimbulkan kemarahan sejumlah aktivis, diantaranya para aktivis dari Petisi 50, HMI dan PMKRI. Beberapa tokoh seperti Chris Siner Key Timu dan Judilherry (Pokja Petisi 50), M Chozin Amirullah (Ketua Umum PB HMI), dan Stefanus Gusma (Ketua Umum PP PMKRI) menyampaikan gugatan kepada Ruhut dengan tuntutan kerugian materiil sebesar Rp. 131.300,- (seratus tiga puluh satu ribu tiga ratus rupiah) dan kerugian immateriil sebesar Rp. 62.811.889.999,- (enam puluh dua milyar delaparatus sebelas juta delapan ratus delapan puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah).

Menurut salah satu penggugat M Chozin Amirullah, sebagai warga negara Ruhut memang punya hak untuk mengungkapkan pendapat, tetapi menyatakan atau menuduh yang menolak Soeharto adalah PKI adalah tuduhan yang tidak berdasar dan bohong.
.
“Pernyataan Ruhut tersebut merupakan penghinaan dan perbuatan melawan hukum, sebab faktanya kami-kami yang menolak gelar pahlawan Suharto adalah bukan anak PKI,” kata Chozin yang juga merupakan Ketua Umum PB HMI.

Sementara itu Ketua PMKRI Stefanus Gusma menyampaikan bahwa Ruhut memang sering mengeluarkan pernyataan-pernyataan ngawur dan kadang SARA. Oleh karena itu Ruhut harus bertanggungjawab terhadap apa yang diucapkannya. [] lara

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.