Dalam rangka memperingati hari lahirnya HMI yang jatuh pada hari ini, 5 Pebruari, ratusan peserta Pleno III PB HMI melakukan aksi donor darah yang dipusatkan di Aula IAIN Sunan Ampel, Surabaya.

Para peserta Pleno III PB HMI yang berasal dari cabang-cabang diseluruh Indonesia melakukan aksi donor darah yang dikoordinasi oleh panitia pelaksana. Donor darah dilakukan setelah acara pembukaan yang dilaksanakan di Aula IAIN Sunan Ampel Surabaya (5/2).

Menurut Ketua Panitia Pleno III PB HMI, Abdil Abidin Surayo, kegiatan donor darah ini memang sengaja disiapkan oleh panitia, sebagai salah satu rangkaian acara Pleno III PB HMI yang juga bertepatan dengan hari lahirnya HMI. Menurutnya, HMI sebagai organisasi yang professional yang didalamnya ada program-program sosial, maka HMI ikut serta dalam membantu masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Tujuan kita adalah untuk bisa membantu masyarakat yang saat ini kekurangan darah. Dengan acara ini, maka kita bisa menyelematkan nyawa-nyawa orang yang kekurangan darah,” ujarnya.

Selain itu, tambah Abdil, hal ini juga menjadi nilai jihat bagi kader-kader HMI. “DI HMI kan diajak untuk melakukan jihat, menurut saya ini adalah salah satu bentuk jihat sosial yang bisa kita lakukan,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Umum PB HMI, Chozin Amirullah. Di temui setelah melakukan donor darah, Chozin menilai, apa yang dilakukan oleh panitia Pleno III PB HMI, adalah hal yang sangat kreatif dan layak untuk diapresiasi. Menurutnya, hal ini bisa menjadi contoh bagi cabang-cabang yang lain yang ada di seluruh Indonesia.

“Kami sangat mendukung gerakan sosial seperti ini, karena ini sangat baik bagi masyarakat. Dengan mendonorkan darah kita, kita menghidupkan satu nyawa dan juga seluruh nyawa manusia,” katanya.

Chozin menambahkan, gerakan-gerakan seperti ini perlu ditingkatkan oleh kader-kader HMI. “Gerakan sosial ini perlu. Selain gerakan kritis tetap dilakukan, tetapi gerakan-gerakan kreatif seperti ini juga harus lebih ditingkatkan,” ujarnya. [Adi]