Surabaya, HMINEWS.Com – Pelaksanaan Kongres HMI ke-28 yang direncanakan berlangsung pada bulan Juli 2011 yang akan datang, akan dilaksanakan di kawasan pulau Sumatera, tepatnya di Pekanbaru, Riau. HMI Cabang Pekanbaru, dinyatakan sebagai tuan rumah kongres HMI yang ke-28, setelah berhasil mengungguli para nominator lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah kongres HMI, pada Pleno III PB HMI, di Surabaya (7/2).

Dalam sambutan akhirnya, Ketua Umum PB HMI, Chozin Amirullah, menyatakan bahwa Pekanbaru akan menjadi tuan rumah kongres HMI yang direncanakan berlangsung pada akhir juni hingga awal juli 2011. Pekanbaru dipilih karena dinilai memenuhi beberapa aspek yang sudah di tetapkan oleh PB HMI.

“Setelah dilakukan presentasi cabang-cabang yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, dan dilakukan verifikasi oleh tim tujuh PB HMI, maka rapat Pleno III PB HMI menyatakan HMI Cabang Pekanbaru sebagai tuan rumah kogres HMI tahun 2011,” ujar Chozin.

Aspek-aspek yang dinilai oleh tim tujuh PB HMI meliputi, aspek keamanan, transportasi, kesiapan cabang, Sumber Daya Manusia dan finansial. Dari empat cabang yang mengajukan diri sebagai tuan rumah, yakni HMI Cabang Pekanbaru, HMI Cabang Jayapura, HMI Cabang Bau-Bau dan HMI Cabang Sorong Selatan, tim tujuh PB HMI menilai HMI Cabang Pekanbaru lebih memenuhi semua aspek tersebut.

Sementara itu, Ketua Cabang Pekanbaru, Tata Maulana, yang ditemui setelah acara penutupan Pleno III PB HMI menyatakan, ini merupakan tantangan HMI Pekanbaru untuk memberikan yang terbaik bagi HMI sebagai panitia kongres yang akan datang.

Tata berharap, dengan diadakannya kongres HMI di Pekanbaru, ini bisa menjadi modal bagi perkembangan HM, khususnya di kawasan pulau Sumatera. [Adi]