HMINEWS.COM

 Breaking News

Demonstran Tutup Kedutaan Israel di Mesir

February 06
10:48 2011

Demonstran Mesir: Tutup Kedutaan Israel

HMINEWS- Pada hari keduabelas revolusi besar rakyat Mesir, para demonstran di Kairo menuntut penutupan kedutaan besar rezim Zionis Israel di negara itu. Demikian dilaporkan IRNA, kemarin (Sabtu,5/2).

Di tengah pemprotes di ibukota Mesir, santer terdengar berita bahwa para penasehat AS dan Israel aktif memberikan masukan kepada rezim Presiden Hosni Mubarak dan mendorongnya untuk menumpas para pengunjuk rasa.

Sementara di depan publik, para juru bicara Gedung Putih terlihat mendukung kebangkitan rakyat Mesir dan berupaya membangun basis massa demi kepentingannya.

Rakyat Mesir meyakini bahwa Israel sudah sering mengintervensi urusan internal negara mereka. Sepanjang tiga dekade hubungan diplomatik antara Kairo dan Tel Aviv, Israel telah mengirimkan 10 dutanya ke Mesir untuk mengarahkan rezim Mubarak.

Setelah kunjungan Mantan Presiden Mesir Anwar Sadat ke Baitul Maqdis pada tahun 1977 dan penandatanganan perjanjian Camp David dengan Israel pada 1979, bendera Zionis mulai berkibar di Kairo.

Duta besar Israel keempat di Kairo, Efraim Dofak adalah salah seorang direktur Mossad. Ia berhasil mendorong pemuda Mesir untuk menikah dengan gadis-gadis Israel melalui program beasiswa dan pendidikan. Masalah ini telah menciptakan krisis sosial dan keamanan bagi Negeri Seribu Menara itu.

Duta besar Israel kesembilan di Kairo, Eli Shaked juga termasuk salah seorang direktur terkemuka Mossad. Ia disingkirkan dari Mesir dengan alasan usia pensiun setelah identitas aslinya terkuak.

Berita lainnya menyebutkan bahwa kepemimpinan Partai Demokratik Nasional (NDP) yang berkuasa di Mesir mengundurkan diri pada Sabtu, termasuk Gamal Mubarak, putera Presiden Hosni Mubarak yang kekuasaannya diguncang aksi unjuk rasa berhari-hari.[]irib/ian

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.