Berbicara di Gedung Bersejarah Roosevelt, Gates Menguraikan Mengapa Dunia Harus Memprioritaskan Vaksin dan Pemberantasan Polio

Bill Gates, ketua bersama Bill & Melinda Gates Foundation, mengemukakan kasus pemberantasan polio dan imunisasi anak yang diperluas dalam surat tahunan ketiganya dirilis hari ini. Surat itu, yang merupakan laporan pribadi prioritasnya, juga mengimbau pemerintah agar berinvestasi dalam bantuan luar negeri, bahkan dalam menghadapi iklim ekonomi yang sulit.

“Jika masyarakat tidak dapat mengurus kesehatan dasar orang, jika mereka tidak bisa memberi makan dan mendidik orang, maka jumlah dan masalah mereka akan tumbuh dan dunia akan menjadi tempat yang kurang stabil,” tulis Gates dalam surat itu. “Apakah Anda percaya itu sebuah perintah moral atau kepentingan pribadi yang tercerahkan di dunia yang kaya, menjamin kondisi yang akan menyebabkan masa depan yang sehat dan sejahtera bagi setiap orang adalah tujuan yang saya percaya untuk kita semua.”

Gates juga menekankan kebutuhan untuk terus meningkatkan sekolah-sekolah di AS, dan mendesak lebih banyak kepemimpinan, inovasi dan investasi untuk berbagai masalah seperti kesehatan ibu dan anak, malaria, HIV/AIDS dan pertanian.

Gates berfokus pada pemberantasan polio sebagai contoh utama nilai vaksin. Berkat kampanye imunisasi anak global, polio telah berkurang 99 persen, dan hampir menjadi penyakit kedua yang pernah diberantas.

“Menyingkirkan polio akan berarti bahwa anak tidak akan lumpuh atau mati oleh penyakit ini,” ujar Gates. “Setiap kemajuan besar dalam kondisi manusia membutuhkan kepemimpinan yang menyelesaikan dan berani. Kita sangat dekat, namun kita harus menyelesaikan taraf terakhir dari perjalanan.”

Sumbangan baru untuk polio diumumkan pekan lalu dari pemerintah Inggris dan dari Yang Mulia Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, Putera Mahkota Abu Dhabi, yang akan mengurangi kesenjangan $720 juta yang dibutuhkan untuk mendanai sepenuhnya upaya pemberantasan polio sampai pertengahan tahun 2012. Sebuah penelitian baru-baru ini memperkirakan bahwa pemberantasan dapat membuat dunia menghemat sampai $50 miliar karena mengurangi biaya perawatan dan meningkatkan produktivitas.

Gates merilis suratnya dengan pidato di Gedung bersejarah Roosevelt, bekas rumah Franklin Delano Roosevelt di New York, di mana presiden masa depan tersebut sembuh setelah terserang polio pada umur 39 tahun. Roosevelt dan mitra hukumnya Basil O’Conner kemudian meluncurkan National Foundation for Infantile Paralysis, yang kampanye March of Dimes-nya memobilisasi negara terhadap polio dan mengumpulkan jutaan dolar untuk mendukung pencarian vaksin yang efektif.

Polio pernah mengancam anak-anak di seluruh dunia, namun sekarang hanya ada empat negara di mana polio tidak pernah berhenti beredar – Afghanistan, India, Nigeria dan Pakistan. Tahun lalu terjadi kemajuan yang luar biasa di Nigeria dan India, di mana kasus polio turun sekitar 95 persen dibandingkan dengan tahun 2009. Tetapi bahkan beberapa kasus yang terpisah dapat melintasi perbatasan dan memicu wabah.

Gates menekankan bahwa mencapai pemberantasan polio akan menggairahkan bidang kesehatan global dengan menunjukkan dampak nyata dari investasi kesehatan – khususnya investasi dalam vaksin. Tahun lalu, Gates mengimbau agar 10 tahun mendatang menjadi Dekade Vaksin, visi dunia sepuluh tahun dari sekarang di mana masyarakat kesehatan dunia bersama-sama memberikan vaksin yang menyelamatkan jiwa kepada setiap anak yang membutuhkannya, dan berinvestasi dalam vaksin yang belum ada.

“Tidak semua orang bisa masuk ke bidang itu, atau bahkan menyumbangkan. Tapi kita semua dapat menjadi penyokong bagi orang-orang yang suaranya seringkali tidak terdengar,” tulis Gates. “Saya mendorong semua orang untuk terlibat dalam mengupayakan solusi atas tantangan yang orang-orang itu hadapi. Ini akan menarik Anda seumur hidup.”

Tentang Surat Tahunan
– Surat tahunan 2011 Bill Gates dapat ditemukan di: http://www.gatesfoundation.org/annualletter
– Siaran langsung acara “Pemberantasan Polio dan Kekuatan Vaksin” pada 31 Januari 2011 dapat dilihat di: http://www.gatesfoundation.org pukul 9.30 pagi ET / 6.30 pagi PT

Tentang Bill & Melinda Gates Foundation
Dengan berpedoman keyakinan bahwa setiap hidup memiliki nilai yang sama, Bill & Melinda Gates Foundation berupaya membantu semua orang hidup sehat dan produktif. Di negara-negara berkembang, yayasan ini berfokus pada usaha meningkatkan kesehatan orang serta memberi mereka kesempatan untuk mengentaskan diri dari kelaparan dan kemiskinan parah. Di Amerika Serikat, yayasan ini berupaya memastikan bahwa semua orang-khususnya mereka yang termiskin sumber dayanya-memperoleh peluang yang mereka butuhkan agar berhasil di sekolah dan dalam hidup. Yayasan yang berbasis di Seattle, Washington ini dipimpin oleh CEO Jeff Raikes dan Ketua Bersama William H. Gates Sr., di bawah arahan Bill dan Melinda Gates serta Warren Buffett. Ketahui lebih lanjut di http://www.gatesfoundation.org

Untuk foto resolusi tinggi dan rekaman berkualitas siaran, silakan kunjungi: http://www.gatesfoundation.org/press-room/Pages/news-market.aspx.

SUMBER Bill & Melinda Gates Foundation

KONTAK: Bill & Melinda Gates Foundation, +1-206-709-3400, media@gatesfoundation.org