HMINEWS.COM

 Breaking News

BBM Naik Tinggal Tunggu Waktu

February 08
11:48 2011

Pemerintah Bakl naikkan Harga BBM

HMINEWS- Dirjen Migas Kementerian ESDM, Evita Legowo mengatakan Pemerintah menunggu perkembangan harga minyak yang kini berada di kisaran US$90-100 per barel hingga bulan April 2011. Harga minyak mentah Indonesia (Indonesia crude price/ICP) kini berada di atas asumsi APBN 2011 yang ditetapkan US$80 per barel.

Pada Januari 2011, rata-rata ICP tercatat US$97,09 per barel atau naik US$5,72 dibandingkan pada Desember 2010 yang US$91,37 per barel.

“Namun, kami tunggu sampai April ini, bagaimana kecenderungan harganya. Apakah tetap tinggi, atau malah turun,” katanya di Jakarta, Senin (7/2/2011).

Menurut dia, kalau memang rata-rata ICP antara Januari hingga April 2011 jauh di atas asumsi APBN sebesar US$80 per barel, maka pemerintah bisa saja merevisi asumsi tersebut.

Namun, Evita mengatakan, harga minyak yang tinggi sekarang ini kemungkinan besar bersifat sementara, karena cuaca buruk dan ditambah krisis politik di Mesir.

Sesuai laporan Dirjen Migas Evita Legowo selaku Ketua Tim Harga Minyak Mentah yang ditandatangani 1 Februari 2011, delapan dari 50 jenis minyak mentah yang menjadi acuan ICP yakni Sweet Light Crude (SLC) pada Januari 2011, harganya mencapai US$99,82 per barel.

Kenaikan harga minyak dunia antara lain dikarenakan terhentinya suplai minyak dari jalur pipa Trans-Alaska, yang menyalurkan 12 persen produksi minyak mentah AS, akibat terjadinya kebocoran awal Januari 2011.

Selain itu, peningkatan harga juga akibat dampak musim dingin yang masih berlanjut di Eropa, AS, dan Kanada serta kekhawatiran hambatan suplai minyak melalui Terusan Suez menyusul ketegangan politik di Mesir.

Faktor lain yang juga meningkatkan harga minyak adalah keputusan OPEC yang tetap mempertahankan tingkat produksi pada level 24,845 juta barel per hari.

Untuk kawasan Asia dan Pasifik, peningkatan harga minyak mentah juga dipengaruhi keputusan Pemerintah China yang mempertahankan suku bunga dan peningkatan permintaan minyak di Jepang, selain akibat musim dingin, juga beroperasinya keseluruhan kilang minyak.

Sementara, perkembangan harga rata-rata minyak mentah utama di pasar internasional pada bulan Januari 2011 tercatat yakni WTI (Nymex) US$89,58 per barel, Brent (ICE) US$96,91, Tapis (Platts) US$100,35, dan Basket OPEC US$92,69.[]ant/ian

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.