Bambang Soesatyo: Saya Yakin Bibit-Chandra Tidak Bersalah!

HMINEWS- Anggota Komisi III DPR RI, Bambang Soesatyo menegaskan tidak benar ada upaya dari DPR untuk balas dendam, apalagi melemahkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Faktanya anggaran untuk KPK tahun 2011 ini bahkan telah dinaikkan.

“Kami justru prihatin ada pihak-pihak tertentu yang telah mengkriminalisasi KPK tapi tidak terungkap, karena adanya keputusan deponeering dari Kejaksaan Agung terhadap kasus yang menimpa pimpinan KPK. Perintah untuk menahan Bibit-Chandra ketika itu dari siapa? Sebab, Komisi III DPR RI ketika itu berkeyakinan bahwa bukti dan fakta tidak mencukupi alasan menahan pimpinan KPK tersebut,” ungkapnya.

Jadi, lanjut Bambang, pihak yang melemahkan KPK sesungguhnya adalah pihak yang dulu  mengkriminalisasikan Bibit-Chandra. Hingga timbul istilah Cicak-Buaya.

Menurutnya, patut dicurigai, deponeering adalah suatu bentuk cover untuk menutupi terbongkarnya otak yang memerintahkan penahanan Bibit-Chandra waktu itu. Ini yang harus dibongkar melalui pengadilan yang terbuka tanpa intervensi dan campur tangan pihak mana pun.

“Sekali lagi, saya meyakini Bibit-Chandra tidak bersalah. Deponeering hanya dijadikan alat untuk melindungi otak kriminalisasi KPK, pungkasnya.[]dni