Aktivis Spanyol Konvoi Peduli Gaza

HMINEWS- Konvoi untuk Solidaritas Gaza kembali meluncur ke Gaza. Kali ini, karavan dikoordinasi oleh para aktivis Spanyol. Menurut rencana, konvoi itu akan berangkat menuju ke Gaza pada musim Semi mendatang. Demikian disampaikan Manuel Tapial dan Laura Arau, dua aktivis asal Spanyol kepada PressTV.

Tapial mengatakan, “80 persen warga Gaza melewati sehari-hari mereka dengan bergantung pada bantuan kemanusiaan internasional.” Dikatakannya pula, “4 tahun blokade telah menghancurkan 90 persen sistem transaksi masyarakat di tingkat kecil.”

Lebih lanjut Tapial mengatakan,”Kita menentang kondisi ilegal ini. Kali ini, kami bersama para aktivis yang berjumlah lebih besar, kembali akan berusaha mengakhiri aksi blokade Zionis Israel terhadap bangsa Palestina. Bahkan menurut rencana, kapal bantuan yang akan dikirim ke Gaza lebih banyak daripada sebelumnya.”

Berdasarkan laporan tersebut, Spanyol beberapa waktu lalu menjadi tuan rumah pertemuan para aktivis hak asasi manusia. Menurut rencana, semua aktivis yang hadir dalam pertemuan tersebut akan bergabung dalam konvoi berikutnya yang dijadwalkan berangkat pada musim semi mendatang.

Menurut laporan tersebut, dua kapal akan diberangkatkan dari Spanyol. Kedua kapal itu mengangkut bantuan masing-masing seberat 200 ton. Selain 200 aktivis yang akan bergabung dalam konvoi itu, juga ada aktivis-aktivis lainnya dari berbagai negara seperti Kanada, Malaysia, Swiss, Italia dan Aljazair.

Sebelumnya, Konvoi Asia untuk Gaza ini berhasil menembus Gaza. Konvoi itu melibatkan sejumlah aktivis asal Indonesia dan beberapa negara lain seperti India, Pakistan, Kashmir, Malaysia, Jepang, dan Azerbaijan. Sebelum memasuki Gaza, beberapa negara dilewati konvoi Gaza dari Asia ini. Negara-negara yang dilalui sebelum memasuki Gaza dari perlintasan Rafah adalah Iran, Turki, Syria, Lebanon, dan Mesir. Konvoi Asia berangkat dari New Delhi, India, pada 2 Desember 2010.[]irib/dni