Film Iran "Nader and Simin: A Separation" Terbaik di Festival Berlin

HMINEWS- Film drama dari Iran “Nader and Simin: A Separation” memenangkan  Golden Bear untuk film terbaik pada festival film Berlin, Sabtu waktu setempat, juga memenangi kategori aktor dan aktris terbaik, pada malam penuh kemenangan itu.

Film garapan sutradara Asghar Farhadi mengenai sebuah krisis perkawinan ini mengeksplorasi perbedaan kelas sosial di Iran, selain pula konservatisme agama, dan sistem peradilan negaraitu, serta saat bersamaan menampilkan ketengan sebuah film triler kriminal. Film ini sejak lama diperkirakan akan mendapat penghargaan tertinggi, demikian Reuters.

Film terbaik kedua yang memenangkan Silver Bear, jatuh ke film hitam putih garapan sutradara Hungaria Bela “The Turin Horse”.  Film ini berkisah tentang seorang petani dan anak perempuannya di sebuah kawaan terisolasi.

Ulrich Koehler menggondol penghargaan sutradara terbaik untuk filmnya “Sleeping Sickness” yang mengisahkan sebuah keluarga Barat yang mengerjakan proyek kemanusiaan di Afrika.

Skenario terbaik jatuh ke tangan Joshua Marston dan Andamion Murataj untuk film “The Forgiveness of Blood” yang menggabarkan tradisi kuno darah biru yang masih dipertahankan di sejumlah bagian di Albania.[]ant/ian