HMINEWS.COM – Sabtu 1 januari 2011, tepatnya pukul 10.00 waktu Syria, kapal yang memuat bantuan kemanusian untuk Gaza bertolak dari pelabuhan Latakia menuju Al Haris – Mesir. Kapal tersebut mengangkut 200 ton bantuan kemanusiaan serta 4 mobil ambulans yang akan disumbangkan ke penduduk Gaza. Selain itu, 8 orang relawan yang tergabung dalam Caravan Asia to Gaza ditugaskan mendampingi bantuan ini sampai ke Al Haris.

Adapun ke-8 relawan tersebut terdiri dari 4 relawan asal India, dan masing-masing satu dari Jepang, Malaysia, Azerbaijan dan Indonesia. sebelum berangkat, peserta Caravan Asia to Gaza bersama gubernur Latakia mengadakan seremoni kecil untuk mendoakan ke-8 relawan tersebut agar selamat sampai di Al Haris. Ini dilakukan, karena meskipun kecil, tetap ada kemungkinan kapal yang memuat bantuan kemanusian tersebut mengalami nasib yang sama dengan Mavi Marmara yang disergap pasukan Israel.

Jika selamat, besok, kedelapan relawan tersebut akan bergabung dengan rombongan inti yang baru akan diterbangkan dari damaskus ke Al Haris besok siang. Setelah itu rencananya, bersama-sama mereka akan masuk ke gaza untuk membawa bantuan kemanusian tersebut. Masih menurut kabar yang beredar, rombongan Caravan Asia to Gaza mendapat izin berada di Gaza paling lama 2 hari, setelah itu pesertadiharuskan pulang ke negara masing-masing lewat Kairo, Mesir. []Nsr/HMINEWS.COM