Bandung, HMINEWS-  Kyai kondang yang poligami empat tahun lalu, KH Abdullah Gymnastiar (AA Gym) bercerai dengan istri pertamanya, Hj Ninih Muthmainnah atau Teh Ninih. Kabar tersebut dibenarkan oleh salah dai senior di Bandung, KH Miftah Farid. Sebagaimana dikutip oleh harian Kompas, Ia menyatakan, Aa Gym telah memberikan dua kali talak, satu kali rujuk pada Teh Ninih.

“Dengan dua kali talak dan satu kali rujuk, maka jika keduanya ingin rujuk harus dinikahkan kembali. Sebab masa idahnya juga telah lewat,” terang Miftah yang juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Bandung seperti dikutip dari Galamedia, Jumat (31/12/2010).

Sebagaimana diketahui, dai yang pernah kondang dengan taushiyah-taushiyah Manajemen Qulbu-nya itu mengalami kemorosotan popularitas secara mendadak akibat keputusannya untuk melakukan poligami tahun 2006 lalu. Ia memutuskan untuk menikah dengan mantan sekretaris lembaga yang dipimpinnya bernama Alfarini Eridani.

Pernikahan Aa Gym dengan Teh Rini saat itu menjadi pemberitaan yang sangat ramai di media. Sebelum menikahi Teh Rini, hubungan Aa Gym dengan Teh Ninih sangat harmonis. Bahkan, saat itu menjadi panutan bagi banyak jamaah. Aa Gym dan Teh Ninih selalu kompak saat menyampaikan materi pengajian. Keduanya pun saat itu menjadi idola keluarga sakinah.

Aa Gym menikahi istri pertamanya, Teh Ninih pada tahun 1987. Pasangan ini dikaruniai tujuh anak, yakni Ghaida Tsuraya, Muhammad Ghazi Al-Ghifari, Ghina Raudhatul Jannah, Ghaitsa Zahira Shofa, Ghefira Nur Fatimah, Ghaza Muhammad Al-Ghazali, dan Gheriya Rahima.

Pada November 2006, Aa Gym menikahi janda beranak tiga Alfarini Eridani atau akrab disapa Teh Rini. Dari istri keduanya ini, Aa Gym dikaruniai satu orang putra.

Sayang, keharmonisan tersebut kandas di tengah jalan ketika AA Gym tergoda untuk menikahi wanita kedua. Terkait proses perceraian tersebut, menurut Miftah, hanya tinggal ketuk palu saja. [] komp/lintas/lk