Walah, Rakyat Israel Hujat dan Hentikan Pidato PM Netanyahu

HMINEWS- Keluarga korban tewas akibat kebakaran hutan yang melanda Israel bulan lalu, memaksa Perdana Menteri Netanyahu menghentikan pidato saat upacara penghormatan bagi 42 korban yang tewas dalam kebakaran tersebut.

Keluarga korban meneriakan PM Netanyahu harus bertanggung jawab atas penangangan bencana yang dianggap terlalu lamban. Sementara sebagian lainnya mengalamatkan kemarahan mereka kepada Menteri Dalam Negeri Eli Yishai yang pada akhirnya terpaksa dikawal keluar dari lokasi upacara.

Dinas Pemadam Kebakaran memang berada di bawah naungan kantor Kementerian Dalam Negeri Israel. Kinerja dinas pemadam kebakarab saat bencana tersebut berlangsung bulan lalu, dianggap tidak membantu banyak. Demikian diberitakan Associated Press, Kamis (6/1/2011).

Pihak pemadam kebakaran dianggap tidak siap karena kekurangan pesawat pemadam, hingga memaksa PM Netanyahu meminta bantuan dari pihak asing.

Saat warga berusaha mendekati PM Netanyahu yang tengah berpidato, sontak barisan pengawalnya langsung bergerak menuju podium dan melindunginya dari warga yang mengamuk.

Pihak keluarga korban menuntut Netanyahu untuk mundur dari jabatannya dan menilai upacara penghormatan ini sebagai kegiatan yang memalukan. Warga merasa keberatan atas keengganan Netanyahu untuk bertanggung jawab atas insiden kebakaran tersebut.[]ok/ian