Presiden SBY Kunjungan Keluar Negeri

HMINEWS- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin pukul 10:00 WIB bertolak menuju New Delhi, India dalam rangkaian kunjungan kerja hingga 30 Januari mendatang. Presiden didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan rombongan akan menjadi tamu kehormatan dalam peringatan Hari Kemerdekaan India.

Presiden direncanakan berada di India hingga 26 Januari 2011 kemudian menuju Davos, Swiss, untuk menghadiri forum ekonomi dunia. Kepala Negara berada di India memenuhi undangan Presiden India untuk bertindak sebagai Tamu Utama (Chief Guest) dalam acara Hari Republik India pada 26 Januari 2011.

Kunjungan ke India itu sekaligus untuk lebih mempererat hubungan dan meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan India.

Presiden Yudhoyono juga dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri India Manmohan Singh, Wakil Presiden India Mohammad Hamid Ansari, Ketua Partai Oposisi India, Srimathi Sushma Swaraj, dan Ketua Partai Koalisi India, Srimathi Sonia Gandhi.

Presiden RI dan Perdana Menteri India akan menyaksikan penandatanganan 17 MoU Government-to-Government di bidang politik, ekonomi, pendidikan, kebudayaan, dan teknologi.

Selain pertemuan bilateral, Presiden RI juga akan menghadiri acara Forum Bisnia, suatu acara yang akan dihadiri sekitar 500 pengusaha India dan Indonesia. Pertemuan ini dimaksudkan untuk meningkatkan saling interaksi para pelaku bisnis dari kedua negara.

Pada acara itu dilakukan pula penandatanganan 15 MoU Government to Business dan Business to Business di bidang infrastruktur, sumber daya alam, manufaktur dan jasa. Sebelum berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Presiden dijadwalkan menyampaikan keterangan pers/[]ant/ian