Putra Mantan Diktator Iran Bunuh Diri

HMINEWS- Menggemparkan, Alireza Pahlavi, putra almarhum mantan shah Iran, tewas di rumahnya di Boston, Amerika Serikat, Selasa (4/1/2011) pagi. Menurut Ahmad Oveyssi, juru bicara keluarga itu, Alireza Pahlavi tewas karena bunuh diri.

Alireza (44) merupakan putra mantan shah Mohammed Reza Pahlavi, yang digulingkan dalam Revolusi Islam Iran tahun 1979 dan meninggal di Kairo, Mesir, setahun kemudian. Saudara perempuan Alireza, Leila, ditemukan tewas di sebuah kamar hotel di London tahun 2001.

Saudara laki-laki Alireza, Reza Pahlavi, dalam laman internetnya menulis, “Dengan kesedihan yang mendalam, kami ingin memberitahukan kepada rekan-rekan kami mengenai meninggalnya Pangeran Alireza Pahlavi. Seperti jutaan orang muda Iran, dia juga sangat terganggu oleh semua persoalan yang menimpa tanah airnya tercinta serta menanggung beban kehilangan seorang ayah dan seorang saudara perempuan dalam hidupnya yang masih muda. Walaupun berjuang selama bertahun-tahun untuk mengatasi kesedihannya, ia akhirnya menyerah.”

Polisi di Boston dan Cambridge, tempat Pahlavi belajar untuk memperoleh gelar PhD di Harvard University dalam studi Iran kuno, tidak dapat mengonfirmasi dengan segera tentang kematian itu. Seorang juru bicara Harvard menyatakan, ia tidak memiliki informasi mengenai Pahlavi.

Alireza Pahlavi lahir di Teheran tahun 1966. Ia masuk sekolah di Iran sebelum melakukan perjalanan pada tahun 1979 ke Amerika Serikat, tempat ia telah memperoleh gelar di universitas Princeton dan Columbia. Ia meninggalkan ibunya, Farah Pahlavi, saudaranya Reza, saudarinya Farahnaz, dan saudari tirinya Shahnaz.[]ant/ian