Kapal Perang Israel Kejar Kapal Konvoi Asia Tembus Gaza

HMINEWS- Dua kapal perang Angkatan Laut rezim Zionis Israel dilaporkan telah mengejar kapal bantuan kemanusiaan dari Asia di perairan internasional.

Sebagaimana dilaporkan Press TV kemarin (Ahad,2/1), kapal bernama Salam, diduga mengangkut obat-obatan dan makanan untuk warga Jalur Gaza yang berada di bawah blokade Israel. Kapal itu juga membawa delapan aktivis hak asasi manusia sebagai bagian dari misi bantuan kemanusiaan yang dikenal dengan Caravan Solidaritas Asia untuk Gaza.

Pasukan Israel telah menghubungi kapten kapal untuk meminta nama-nama aktivis, yang dilaporkan berasal dari Indonesia, Malaysia, India, Azerbaijan dan Jepang.

Para aktivis menyatakan bahwa mereka ingin menunjukkan solidaritas dengan bangsa Palestina dalam melawan Israel. Konvoi Asia untuk Gaza yang dilepas dari India itu telah melakukan perjalanan melalui Pakistan, Iran, Turki dan Suriah.

Tel Aviv telah memberlakukan blokade penuh atas Jalur Gaza sejak pertengahan Juni 2007 dan mengisolasi 1,5 juta warga di kawasan itu. PBB belum lama ini menyatakan keprihatinan bahwa lebih dari 80 persen warga Gaza bergantung pada pasokan bantuan dari luar untuk bertahan hidup.

Kapal Salam meninggalkan pelabuhan Latakia di barat laut Suriah menuju pelabuhan el-Arish di Mesir pada hari Sabtu.[]irib/ian