Inilah Tanda-tanda SBY-Boed Mau Lengser!

HMINEWS- Wacana pelengseran Presiden SBY bergulir sejak MK memudahkan hak menyatakan pendapat. Bersambut dengan pemaparan 18 kebohongan SBY oleh para tokoh lintas agama. Ini bisa menjadi pra kondisi SBY lengser. Hanya perlu 249 dari total 560 anggota DPR untuk melengserkan SBY.

“Ya itu pasti terjadi, karena saya lihat para elit dan rakyat akan bersatu melawan kalau keadaannya sudah sangat krusial. Kalau sudah mendapat restu, masyarakat bisa jadi akan turun ke jalan dan melawan pemerintah,” kata Ketua Dewan Direktur Sabang-Merauke Circle (SMC) Syahganda Nainggolan Jakarta, Senin (17/1/2011).

Meski kecenderungannya ke arah pelengseran SBY, lanjut dia, namun DPR dan elit-elit politik sedang berhati-hati supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama dan tidak terjadi huru-hara atau instabilitas seperti saat Soeharto ditumbangkan.

“Ini menjadi pelajaran berharga bagi para elit agar ke depannya mencari pemimpin yang memikirkan kesejahteraan rakyatnya, bukan yang tunduk pada kepentingan pengusaha dan pemodal asing,” cetus Syahganda.

Sebelumnya Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menyangsikan kemudahan hak menyatakan pendapat menjadi langkah awal pelengseran SBY. Apalagi impian seorang politisi adalah bekerja untuk rakyat, bukan melengserkan presiden.

“Keputusan MK itu bukan hantu yang menakutkan. Jangan beranggapan kedudukan SBY terancam,” kata Anas.

Sementara untuk menangkal cap pembohong, SBY menjamin penjelasan pemerintah kepada rakyat bersifat apa adanya, sesuai fakta, dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Saya bukan ulama, saya belum mampu menjadi ulama, saya hanya umat, hamba Allah, tetapi saya ingin menjaga tutur kata saya, lidah dan hati saya,” ucap SBY.[]mt/ian