Golkar Minta Satgas Dibubarkan, Cabut Mandat Juga Dong!

HMINEWS- Anggota Komisi III Nudirman Munir mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono segera membubarkan Satuan Tugas Pemberantasan Mafia Hukum pascapernyataan Gayus Tambunan tentang dugaan rekayasa politisasi kasusnya oleh sejumlah anggota Satgas.

“Satgas sudah salah dalam bermain. Topeng-topeng yang mau dia tutupin, ternyata terbuka lebar. Kalaupun Satgas mau tetap ada, ganti orangnya. Kalau enggak, bubarkan. Penegak hukum yang ada saja yang diperkuat,” katanya di Gedung DPR RI, Kamis (20/1/2011).

Nudirman mempertanyakan efektivitas kerja Satgas dalam memberantas mafia hukum. Menurut dia, hingga saat ini Satgas belum menunjukkan kinerja yang baik.

Ia menambahkan, kalaupun tidak mau membubarkan Satgas, Presiden diminta mengganti Denny Indrayana dan Mas Ahmad Santosa yang dinilainya memiliki konflik kepentingan.

“Kalau yang lain, seperti Yunus Hussein bolehlah, masih bagus. Denny dan Ota itu enggak cantik mainnya. Masa kotor mainnya,” tambahnya.

Desakan untuk membubarkan Satgas juga disampaikan Anggota Komisi III Bambang Soesatyo yang juga berasal dari Fraksi Golkar. “Satgas dalam posisi yang tidak benar, jadi bubarkan saja,” katanya.

Selain menuntut pembubaran Satgas, lanjut Bambang, Golkar juga akan menuntut Satgas secara hukum terutama Sekretaris Satgas Denny Indrayana. Alasannya, berdasarkan pengakuan Gayus, Satgas telah melukan rekayasa.

“Percakapan-percakapam BBM (blackberry messanger) yang di-print itu kan bisa dibuat-buat saja,” tambahnya.

Seperti diberitakan, usai mengikuti persidangan vonis di PN Jakarta Selatan, Gayus menuding Satgas telah memanfaatkan kasusnya secara politik. Bahkan, secara gamblang Gayus yang divonis tujuh tahun penjara mengatakan,  kepergiannya ke Singapura Maret 2010 lalu atas saran dari Sekretaris Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, Denny Indrayana.

Namun, sore hari kemarin, Satgas membantah keras tudingan Gayus. Satgas juga membeberkan bukti rekaman video dan percapakan Denny dan Gayus yang mematahkan seluruh pernyataan yang disampaikan Gayus.[]kcm/ian