Bangun Pemukiman Yahudi, Israel Hancurkan Hotel Palestina!

HMINEWS- Buldoser Israel menghancurkan hotel di sebuah lingkungan warga Arab di wilayah Jarusalem Timur, Minggu (9/1). The Shepherd Hotel itu nantinya akan diubah menjadi 20 apartemen baru bagi pemukim Yahudi. Pembongkaran hotel itu membuat berang pemerintah Palestina dan Amerika Serikat.

Pembicaraan damai Palestina-Israel pun terhenti akibat pembongkaran itu. Pemerintah Palestina mengatakan pihaknya tidak akan melanjutkan pembicaraan damai jika Israel bersikukuh membangun pemukiman baru di wilayah Jarusalem Timur. Palestina mengklaim kawasan Jarualem Timur sebagai wilayahnya dan akan menjadi ibukota negara Palestina di masa depan. Daerah itu diduduki Israel setelah Perang Timur Tengah pada 1967.

Sementara itu, Israel berdalih bahwa pihaknya berhak untuk membangun apapun termasuk di wilayah Jarusalem Timur.

Ketua Perunding Palestina, Saeb Erekat, mengatakan pemerintahnya mengutuk pembongkaran itu. “Selama pemerintah Israel melanjutkan tindakan seperti ini, seperti menghancurkan Hotel Shepherd, tidak akan ada negosiasi,” tegasnya.

Pembongkaran Hotel Shepherd didanai oleh jutawan Amerika keturunan Yahudi , Irving Moskowitz, yang juga dikenal sebagai pelindung utama bagi kelompok pemukim Yahudi. Kelompok itu mulai menggeser keberadaan warga Palestina di Jarusalem Timur. Akibatnya, bentrokan antara warga Palestina dan pemukim Yahudi sering terjadi di wilayah itu. []ap/mi/ian