HMINEWS – Anggota Komisi III DPR RI Bambang Soesatyo mengatakan bahwa ada dua kunci utama untuk menyelesaikan kasus bank century: pertama adalah komitmen para anggota DPR,dan kedua adalah intensitas dan mobilitas  gerakan rakyat, media, LSM dan gerakan mahasiswa dalam menekan partai-partai yang duduk di parlemen. Tekanan itu agar  mereka terus konsisten dalam mengawal dan menuntaskan mega skandal century yang merugikan keuangan Negara senilai 6,7 triliun.

Hal ini disampaikannya dengan optimis dalam diskusi publik yang diadakan oleh HMINEWS di Doekoen kafe Jakarta, Minggu (16/01/2011). Acara itu juga dihadiri oleh Permadi SH, Harris Rusli Moti dari petisi 28 dan Ahmad Yani dari PPP.

Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang Hak Menyatakan Pendapat (HMP) bukanlah menjadi sebuah jaminan akan terselesaikannya kasus bank Century. Partai-partai akan tergoda oleh barter kekuasaan atau politik dagang sapi yang mungkin terjadi lewat program reshuffle kabinet SBY-Boed nanti. Ini adalah kendala yang akan menjadi penghalang para anggota DPR dalam mengusut tuntas kasus Century, demikian ungkap Bambang Soesatyo.

Kasus century harus dituntaskan sebab hal ini adalah pertaruhan nama baik partai-partai di parlemen dan sebagai bukti komitmen serta kredibilitas seluruh anggota DPR RI di mata rakyat Indonesia dan di mata dunia internasional. [] wahab