Menlu Natalegawa

HMINEWS- Aspirasi dan cita-cita rakyat Palestina yang merdeka merupakan aspirasi dan cita-cita rakyat Indonesia. Inilah yang disampaikan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Marty Netalegawa dalam pernyataan pers tahunannya. Indonesia senantiasa berkomitmen untuk mendorong penyelesaian menyeluruh masalah Palestina berdasarkan resolusi PBB.

“Pembentukan negara Palestina yang merdeka dan berdaulat serta hidup berdampingan dengan Israel merupakan solusi menyeluruh konflik Palestina dan Israel yang berkepanjangan,” ujar Menlu Natalegawa dalam pernyataan pers tahunan menteri luar negeri 2011 di Ruang Nusantara, Kemenlu, Jakarta Pusat, Jumat (7/1/2011).
Sepanjang tahun 2010, Indonesia senantiasa memberikan dukungannya yang konkrit terhadap Palestina, melalui pengembangan kapasitas rakyat dan Pemerintah Palestina.
Indonesia bukan saja secara bilateral memberikan bantuan capacity building, tetapi tidak lupa menggalang dukungan Asia dan Afrika demi tujuan yang sama. Sejauh ini program pengembangan kapasitas telah diberikan kepada 1.662 orang dari Palestina yang melibatkan 24 negara, termasuk pelatihan bagi para diplomat Palestina oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia.
Pada tahun 2011, Indonesia akan terus mendorong proses perdamaian antara Palestina dan Israel. Indonesia juga akan melanjutkan mobilisasi bantuan masyarakat internasional dalam pengembangan kapasitas kepada 10 ribu orang Palestina sesuai target dalam 5 tahun.[]ok/ian