Unpad Gelar Festival Film Dan Video Klip

HMINEWS- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Cinematography Club Fikom Unpad mengadakan festival film dan video klip bertaraf lokal dengan tajuk Festival Padjadjaran (Festpa) 2011.“Kita yang pertama mengadakan festival bertaraf lokal di Bandung. Festival-festival yang selama ini diadakan di Bandung bertaraf nasional seperti Festival Film Bandung (FFB) atau Liga Film Mahasiswa ITB. Padahal teman-teman di Bandung memiliki banyak karya, dan itu belum bisa tersalurkan,” ungkap Direktur Festival Festpa 2011, Aji Hendratmojo, ditemui pada saat hari pertama penyelenggaraan Festpa 2011 di Bale Rumawat Padjadjaran, Kampus Unpad, Jln. Dipati Ukur No. 35, Bandung, Kamis (27/01).

Festpa 2011 sendiri akan berlangsung selama tiga hari pada 27-30 Januari 2011 dan bisa mulai dikunjungi dari jam 10.00 – 21.00 Wib setiap harinya. Kegiatan ini akan diisi dengan berbagai acara diantaranya pemutaran film dari Program Kompetisi Film & Video Klip, diskusi film, pemutaran film spesial “Prison and Paradise” dan “Jakarta Magrib” serta malam penganugerahan untuk para pemenang Festpa 2011.

Aji mengatakan bahwa rangkaian kegiatan diawali dengan screening sejumlah film dan video klip dari para peserta lokal Bandung. Akan ada 35 buah film dan 22 video klip yang akan diseleksi terlebih dahulu. Menurutnya tidak ada persyaratan khusus untuk mengikuti kompetisi film ini, hanya film atau video klip yang dibuat harus merupakan buatan orang Bandung atau yang berdomisili di Bandung.

“Untuk tema, kita bebaskan. Tidak ada batasan tertentu, yang penting diproduksi oleh orang Bandung atau yang berdomisili di Bandung saja. Film dan video klip yang ditayangkan sekarang ini adalah yang telah diseleksi, dan berjumlah 12 buah. Untuk pemenang kita hanya akan memilih tiga terbaik dari masing-masing kategori,” tambahnya.

Aji berharap acara yang pertama kali diadakan ini bisa meriah dan bisa memberikan kegembiraan kepada semua orang yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Menurutnya akan menjadi sebuah penghargaan kepada filmmaker Bandung ketika film buatannya bisa ditonton oleh banyak orang, apalagi bisa sampai menang dan mendapatkan penghargaan.

“Semoga acara ini bisa berjalan meriah dan membuat semua orang bergembira. Award yang akan diberikan itu menjadi bentuk apresiasi kepada film maker selain sambutan dan antusias penonoton yang mereka harapkan,” tuturnya.

Beberapa judul film yang mungkin menarik untuk ditonton diantaranya, Paranoia, Jantan, Battle-War In Heart, Benting, Loloni, Grace dan masih banyak lagi. Untuk video klip ada Slow Mo Smile dari Bottlesmoker, Hari Untukmu dari Rocket Rockers, Hanya Bayangan-nya Soul I.D dan banyak lagi