Ekonom, Hendri Saparini

HMINEWS- Ekonom Hendri Saparini menilai perekonomian Indonesia saat ini membutuhkan beberapa solusi untuk memperbaiki perekonomian yang tidak berkualitas.

“Kita harus mengubah paradigma ekonomi, membenahi pola pikir kita, pola pikir. Pemerintah harus berpihak pada ekonomi kerakyatan yang berbasis pada UUD 45,” ujar Ekonom Hendri Saparini, di Balai Kartini, Jakarta, Kamis (6/1/2011).

Dia mengatakan bila ekonomi Indonesia butuh mengaplikasikan dan memilih pemimpin yang berpihak kepada ekonomi kerakyatan tersebut. Namun ini bukan mengenai siapa yang memimpin, tapi lebih ditekankan pada apa yang akan dikerjakan dan dipikirkan.

“Kita juga harus mereformasi total bidang ekonomi yang mengacu pada kesejahteraan rakyat di mana banyak yang mengacu ke UUD yang berpihak ke rakyat,” tegasnya.

Dikatakannya bila strategi ekonomi Indonesia saat ini tidak jelas. Diperlukan keberanian dalam upaya membangun bangsa, serta janji kampanye harus dilaksanakan.

“Dalam reformasi seperti sekarang ini, yang harus dibangun adalah perundang-undangan dalam membentengi kita dalam bertindak. Supaya pemerintah jangan lupa akan ekonomi rakyat. Keberhasilan ekonomi bukan tujuan ekonomi, tapi keberhasilan ekonomi adalah sebuah indikator perekonomian,” pungkasnya.