HMINEWS.COM

 Breaking News

Gagal Nyalon Ketua KNPI, Wartawan Palu Jadi Korban

December 31
10:28 2010

Palu, HMINEWS – Penyerangan terhadap wartawan kembali terjadi, kali ini menimpa para jurnalis di Palu, Sulawesi Tengah (Kamis, 31/12/10). Penyerangan tersebut terkait laman www.beritapalu.com milik AJI Kota Palu yang memberitakan perusakan Gedung KNPI Sulteng oleh Front Pemuda Kaili pada saat pemilihan Ketua KNPI setempat pada Selasa (28/12).

Sebagaimana dilaporkan ANTARA, sekelompok penyerang yang berjumlah sekitar 20 orang itu menyerang lima orang wartawan anggota AJI yang sedang melaksanakan tugas jurnalistik di kantor tersebut. Mereka yang menjadi korban adalah M. Ridwan Lapasere (Ketua AJI Kota Palu yang juga koresponden Global TV) yang dipukul dibagian leher sebelah kiri, dan Muhammad Sharfin (koresponden TV One) yang mengalami luka di pelipis bagian bawah, Jafar G. Bua (wartawan Trans TV) yang dipukuli di bagian dada, Subarkah (wartawan Bisnis Indonesia) yang dipukul di punggung, serta Riski Maruto (wartawan LKBN ANTARA) yang dipukul dan ditendang di bagian badan.

Para penyerang yang datang dengan motor dan mobil bak terbuka itu juga merusak peralatan kantor AJI Kota Palu. Penyerangan tersebut merupakan akibat dari gagalnya Erwin SL, yang juga Ketua Front Pemuda Kaili, menjadi Ketua KNPI Sulteng sehingga mengakibatkan pendukungnya marah. www.beritapalu.com memberitakan peristiwa perusakan gedung KNPI oleh sekelompok pemuda akibat kegagalan tersebut.

Dalam catatan AJI Kota Palu dan KontraS, kekerasan terhadap wartawan merupakan peristiwa keempat sepanjang tahun 2010 di wilayah Sulawesi Tengah. Kontras meminta, agar kasus penganiayaan tersebut diusut secara tuntas oleh pihak aparat yang berwenang.

“Kontras juga meminta pihak Polda Sulawesi Tengah untuk melibatkan Kompolnas, Komnas HAM, serta Dewan Pers dalam menyelidiki kasus ini,” kata Wakil Koordinator Badan Pekerja Kontras, Indria Fernida, dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat (31/12). [] ant/lk

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles