Tujuh Remaja Keliling Dunia Kampanye Yogya Aman

HMINEWS- Rencananya sebanyak tujuh remaja akan memulai perjalanan mengelilingi dunia dengan berjalan kaki dan mengunjungi sekitar 193 negara di lima benua. Hal ini mereka lakukan  untuk berkampanye bahwa Yogyakarta aman dikunjungi.

Kepala Dinas Pariwisata DI Yogyakarta, Tazbir Abdullah, saat dihubungi dari Jakarta, Rabu, mengatakan, pihaknya akan memberangkatkan rombongan yang rencananya berangkat tanggal 10 Desember 2010 itu.

“Perjalanan ini salah satunya bertujuan untuk lebih memperkenalkan budaya dan kearifan masyarakat Indonesia khususnya Yogyakarta kepada dunia,” katanya.

Perjalanan tujuh remaja itu diperkirakan akan memakan waktu selama lima tahun.

“Langkah awal kegiatan mereka memang akan dimulai di Yogyakarta, agar semua masyarakat dunia tahu bahwa Yogyakarta memang daerah yang aman dan ini untuk lebih membuktikan kembali bahwa kota ini adalah destinasi yang terbaik,” kata Tazbir.

Ketujuh orang yang tergabung dalam Forum Cinta Anak Bangsa tersebut antara lain KRT Daud Wiro Hadinagoro, Karlina Kurniati, Sahron Sembiring, Clara Theresia Sitanggang, Randy Coard Napitupulu, Richi Richardo Purba, dan Trisna Wira Adhi.

Menurut Tazbir, misi yang diemban oleh mereka yaitu menginformasikan kepada dunia tentang kearifan nusantara dengan beragam suku budaya salah satunya dengan membawa brosur dan film-film dokumentasi yang menggambarkan kehidupan masyarakat Indonesia yang ramah tamah dan bersahaja.

“Untuk persiapannya, kita sudah berlatih di seputar Yogyakarta sejak 2008 lalu, dan setiap harinya kita menempuh jarak sepanjang 25 kilometer,” kata KRT Daud Wiro Hadinagoro kordinator kegiatan yang bertemakan `Akulturasi Budaya Sebagai Media Persahabatan? itu.

“Kita akan selalu berkoordinasi dengan KBRI dan KJRI negara-negara yang akan kita kunjungi sehingga mereka nantinya yang akan mengarahkan tujuan perjalanan kita di Negara tersebut,” kata Daud.

Rute sementara yang diambil yaitu Australia, New Zealand, Alaska, West Coast Canada, USA, Venezuela, Guyana, Suriname, Brazil, Portugal, Spanyol, Perancis, Belgia, Jerman, Cekoslovakia, Slovakia, Hongaria, Bulgaria, Turki, Rusia, Kazakhstan, Uzbekistan, Tajikistan, China, Laos, Thailand, Malaysia, dan Singapura.[]ant/dni