Israel – AS – Palestina

HMINEWS- Amerika Serikat mulai menunjukkan sikap yang benar – benar tidak berpihak pada rakyat Palestina, Pasalnya Senat Amerika menyerukan kampanye diplomatik agar dunia tidak mengakui kedaulatan negara Palestina, sementara Dewan Keamanan PBB menolaknya.

Dalam sidang terakhir, Kamis pagi (16/12) Senat AS menolak keras munculnya resolusi apapun terkait pengakuan terhadap negara Palestina dari DK PBB. Mereka akan menggunakan hak Veto nya, jika ada usulan dalam hal tersebut. AS tidak akan mengakui kedaulatan Palestina secara sepihak, tanpa persetujuan dari Israel.

Sementara itu, ketua komisi hubungan luar negeri di dewan senat, Howard Barman mengatakan, Amerika mendukung perundingan antara Palestina – Zionis. Akan tetapi, pihaknya akan memberangus setiap usaha untuk mengakui negara Palestina, secara sepihak.

Perdamaian harus dilahirkan dari perundingan secara langsung antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, Amerika berkewajiban melakukan langkah-langkah diplomatik guna menghalangi proses pengakuan dari dunia internasional kepada negara Palestina.

Ia pun mengajak presiden demisioner, Mahmud Abbas agar kembali ke perundingan secara langsung dengan Israel.[]irib/dni