Puri Cikeas, Simbol Monarki SBY

HMINEWS- Budayawan JJ Rizal Menilai Presiden Susilo Bambang Yudhoyono diniali tidak mengerti sejarah menyusul pernyataan soal Kesultanan Yogyakarta bersifat monarki dan bertentangan dengan asas demokrasi.

JJ Rizal juga menganggap SBY juga sudah membangun dinasti kerajaan di dalam pemerintahannya. Simbolnya, kata Rizal, adalah Puri Cikeas sebagai simbol kekuasaan.

“Sadar atau tidak, SBY pun punya dinasti atau kerajaan, lihat saja di Puri Cikeas, rapat diadakan di sana, ada pengawalnya, ada pendoponya, dan lainnya. Bahkan, lihat saja sekarang, keluarganya juga berperan, anaknya, istrinya, lebih mirip Orde Baru juga,” katanya saat berbincang dengan okezone, Selasa (30/11/10).

Rizal menegaskan, SBY tidak mengerti proses sejarah dimana Kraton Yogyakarta justru menjadi sumbu demokrasi. Masyarakat Yogyakarta, kata Rizal, saat ini sudah hidup tentram sesuai dengan aspek sosial historis dan kultural harus terusik dengan polemik status istimewa.

“Negara kita saat ini dipimpin oleh elit-elit, yang kalau dalam bahasa Jawa, ‘Ndak punya roso’. Asbun, di mana pemerintahan SBY kini justru juga jadi kerajaan besar,” tandasnya.(okz/dni)