Pejabat Korupsi, Kok SBY yang Rugi. Apa Maksudnya Nih?

HMINEWS- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan  apabila ada pejabat pemerintahan yang terlibat korupsi ternyata tidak hanya merugikan keuangan negara tetapi juga turut merugikan Presiden. Hal ini diungkapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didalam pidatonya saat membuka Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi (KNPK) di Balai Kartini, Jakarta Pusat, Rabu (1/12).

“Saya sudah rugi, yang harusnya memimpin pemerintah tapi menjalani pemeriksaan,” kata Presiden.

Presiden juga mengungkapkan kesedihannya jika melihat gubernur, atau bupati menjalani proses hukum atau diadili. Namun ia juga mengaku tidak bisa membantu. Menurut Dewan Pembina Partai Demokrat itu, ini bukan berarti Presiden tidak punya hati, tetapi karena sudah terdapat pakta integritas.

Dalam Pakta Integritas tersebut disebutkan bahwa kalau terlibat tindak pidana korupsi Presiden tidak bisa  membantu. Sebab itu, Presiden juga berpesan kepada pejabat Pemerintah terutama berlaku untuk menteri gubernur, bupati, dan walikota untuk menjaga integritas masing- masing. “Marilah kita cegah jangan sampai terjadi tindak pidana korupsi dengan kebersamaan kita,” pesan SBY.

Seperti diketahui KPK telah banyak menangani kasus-kasus yang melibatkan penyelenggara negara, baik itu yang masih menjabat atau sudah tidak.[]MI/ian