Hari Antikorupsi Sedunia

HMINEWS- Lembaga penggiat anti korupsi Indonesia Corruption Watch (ICW) dan sejumlah aktivis akan turut serta meramaikan peringatan hari anti korupsi sedunia yang jatuh tepat hari ini. Mereka berencana akan menggelar karnaval mengarak koruptor dengan arak-arakan meriah Kamis (9/12/2010).

Peneliti Hukum ICW, Illian Deta Arta Sari dalam status facebooknya hari ini menginformasikan, karnaval akan dimulai pada pukul 11.00 Wib, berangkat dari gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jalan H Rasuna Said, nomer C1 Jakarta Selatan.

“Start dari gedung KPK jam 11.00 Wib, dengan rutenya melewati jalan Rasuna Said- Gatot Subrotp-Tebet, dan berhenti di Panggung Rakyat di Pasar Rumput, Manggarai,” tulis Illian.

Iring-iringan karnaval dijelaskan Ilian rencananya akan dilepas oleh Pimpinan KPK, Bibit Samad Riyanto. Konsepnya, cerita dia, iringan paling depan adalah sebuah truk engkel sebagai panggung utama, kemudian ada sebuah mobil pick up yang di setting seperti penjara berisi beberapa koruptor yang dilakoni oleh anggota ICW.

“Tujuannya untuk mengajak masyarakat sama-sama melawan korupsi,” ujar dia kepada INILAH.COM melalui pesan dalam facebook.

Selain para ‘koruptor’ itu, karnaval juga akan diramaikan dengan pertunjukkan Barongsai, Liong Liong Naga, Ondel Ondel, Tanjidor dan dangdutan.

Di KPK sendiri sejak kemarin(8/12) sudah menggelar rangkaian acara peringatan anti korupsi sedunia dengan membuat kampung anti korupsi. Kampung yang bertema Tanpa Korupsi Baru Indonesia itu dipenuhi dengan acara seperti pameran, bazar, dongeng anti korupsi, junior investigate dan acara seni lainnya.[]dni