BJ Habibie

HMINEWS- Dalam sambutanya yang disampaikan saat memberikan sambutan pada peringatan Milad 20 tahun ICMI di IICC, Botani Squere, Bogor, siang tadi, mantan Ketua Umum dan pendiri Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) BJ Habibie mempertegas, bahwa ICMI merupakan rumah bersama bagi para cendekiawan muslim di Indonesia. ICMI tidak boleh tertutup apalagi dimiiki oleh sebagian kelompok saja.

Menurut Habibie di manapun aktivitas mereka nantinya akan kembali lagi ke organisasi yang hari ini genap berusia 20 tahun itu. “ICMI adalah rumah kita karena di manapun Anda berada, Anda pasti akan berhenti di sana. Setelah berhenti itu kita akan kembali ke rumah ICMI, seperti saya ini. Setelah saya jadi Presiden, saya kembali ke ICMI yang merupakan rumah saya,” ujar Habibie.

Mantan Menristek era Pemerintahan Presiden Soeharto itu juga menyatakan agar para anggota ICMI berpikir konvergen dalam menyelesaikan masalah. Menurutnya, hal itu akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan orang-orang yang hanya membesar-besarkan perbedaan saja.

“Jangan pernah tersesat dengan menyelesaikan permasalahan dalam waktu cepat, karena pembangunan bangsa ini butuh longmarch,” imbaunya.

Dalam kesempatan itu Habibie juga sempat mengutip pernyataan Abdurrahman Wahid yang menyatakan bahwa musuh terbesar manusia ada di hati, yaitu egoisme dan keserakahan. “Egoisme dan kekerasan itu yang harus kita lawan, jika kita mampu mengalahkan itu maka kita menjadi pemenang,” ucapnya.[]dni