Gus Dur Pejuang Sejati Demokrasi Konstitusional

HMINEWS- Sosok seorang Abdurrahman Wahid atau yang akrab dipanggil Gus Dur adalah sosok yang akan selalu dikenang rakyat Indonesia, tak hanya sebagai mantan Presiden, namun juga sebagai guru bangsa yang telah  membuka keran pluralisme bangsa ini.

Sebagai seorang Presiden, Gus Dur juga seorang tokoh yang gigih memperjuangkan dan menegakkan konstitusi negeri ini dan menolak segala macam beentuk politik transaksional.

“Gus Dur adalah sosok yang gigih gmemperjuangkan demokrasi konstitusional, bukan konstitusi pasar atau transaksional,” ungkap ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD dalam sambutannya dalam acara mengenang KH. Abdurrahman Wahid dengan tema “Konsekuensi Menegakkan Konstitusi”, yang digelar di aula Mahkamah Konstitusi Jakarta, (29/12/2010).

Sementara itu, mantan Juru Bicara Gus Dur, Adhie Massardi mengatakan, Gus Dur ketika menjadi presiden adalah sosok yang sangat hati-hati dalam memilih menteri kabinetnya.

“Dalam memilih menteri Kabinet saja Gus Dur selalu berbasiskan konstitusi,” ungkap Adhie.

Sedangkan mantan pengacara Gus Dur, Ruhut Pangaribuan menilai sosok Gus Dur sebagai tokoh yang memperjuangkan hukum secara substansial, dan bukan sebatas prosedural atau sekedar legal formal.

“Gus Dur selalu berpesan, untuk menegakkan kebenaran, jangan jadikan hal-hal procedural dan legal formal sebagai halangan,” ungkapnya.[]dni