M.Chozin Amirullah Hadiri Pertemuan Dewan Syuro IIFSO di Sudan

HMINEWS- Dewan Syuro (Syoro Council) International Islamic Federation of Students Organizations (IIFSO) menyelenggarakan pertemuan di Ibu Kota Sudan Khartoum (15-17/12/2010). Ketua umum PB HMI M Chozin Amirullah hadir dalam pertemuan tersebut. Sebagaimana sudah diketahui Ketum PB HMI M Chozin Amirullah adalah anggota Dewan Syuro organisasi dunia para pelajar Islam tersebut.

Selain Chozin, politisi  muda dari PKS, Rama Pratama, juga duduk dalam kepengurusan IIFSO periode tahun 2010/2013. Rama yang menjabat sebagai representasi IIFSO Asia Pasifik tidak sempat hadir dalam pertemuan di Sudan tersebut.

Pertemuan di Sudan adalah pertemuan Dewann Syuro yang pertama semenjak mereka terpilih di Kongres IIFSO di Jakarta bulan Juni 4-7 Juni2 2010 lalu. Acara dikemas dalam bentuk seminar selama dua hari pertama yang diikuti ratusan peserta dari berbagai negaradan kemudian dilanjutkan rapat internal Dewan Syurio pada hari ketiga.

Secara organisasi, HMI sudah aktif di IIFSO sejak pertama kali awal berdirinya pada tahun 60-an. Tercatat beberapa mantan pengurus HMI yang pernah aktif di IIFSO adalah Nurcholish Madjid dan Imaduddin Abdurrahim. Dari Malayasia, tokoh opisisi Anwar Ibrahim juga pernah aktif dikepengurusan IIFSO.

Meskipun posisi Dewan Syuro adalah personal, tetapi tentunya Chozin secara tidak langsung juga mewakili HMI. Keterlibatan kembali HMI IIFSO merupakan sebuah kegembiraan tersendiri, mengingat lebih dari sepuluh tahun HMI non-aktif di IIFSO.