Pemkot Yogya Paling Antikorupsi. SBY dengan Pemerintah Pusat-nya Bisa Belajar dari Yogya!

HMINEWS- Jika dibandingkan dengan daerah lainya, pemerintah kota Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) lebih paling berinisiatif dalam menjalankan program pemberantasan korupsi sebagai musuh bersama yang harus dijauhi. Itu berarti sangat mungkin pemerintah pusat yang masih berjubel dengan praktek kotor korupsi mencontoh dan meneladani Yogya sebagai acuan. Hal ini ditegaskan langsung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Wakil Pimpinan KPK Bidang Pencegahan, Mochamad Jasin mengatakan ada delapan belas kementerian dan lembaga pemerintah dan non kementerian menjadi fokus penilaian KPK.

“Di daerah, Pemkot DIY punya inisiatif antikorupsi paling tinggi di antara 8 instansi yang disurvei,” ujarnya di Jakarta Rabu (1/12/2010).

HMINEWS- Selain Yogyakarta, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusi (Kemenkumham) juga mendapatkan penilaian yang baik dalam membenahi layanan publik dan informasi sesuai dengan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

“Termasuk Kemenkum HAM sudah perbaiki keterbukaan sesuai UU KIP. Skor yang bagus juga ada di Kemenkeu yaitu di Ditjen Perbendaharaan,” tambahnya.

Survei dilakukan sejak tahun 2007 di instansi masing-masing sebagai salah satu upaya pencegahan korupsi. Penilaian nilai baik buruknya akan diumumkan sebagai bentuk transparasi layanan publik dihadapan masyarakat.[]rima