HMINEWS.COM

 Breaking News

Bang Buyung Nilai Sikap Jaksa Seperti Zaman Orba

December 23
13:01 2010

Adnan Buyung Nilai Sikap Jaksa Gayus seperti Zaman Orde Baru Saja

HMINEWS- Gayus Tambunan dijatuhi hukuman 20 tahun penjara. Keputusan ini dinilai pengacara Gayus, Adnan Buyung Nasution, terlalu berlebihan dan mengada-ada. Pasalnya jaksa tidak memperhatikan fakta yang ada di persidangan.

“Saya kaget dan menyesalkan jaksa bahwa dari permulaan sudah ambil sikap posisi bahwa yang benar itu yang ada di berita acara. Apa pun yang tidak ada di berita acara mungkin dianggap tidak benar oleh penuntut umum,” ujar Buyung kepada wartawan, Rabu (22/12/2010).

Menurut advokat senior ini, sikap jaksa seperti itu sama saja dengan sistem peradilan orde baru. “Sistem seperti ini sama saja dengan zaman orde baru dan sampai sekarang belum diubah. Jaksa harusnya sportif, bisa saja menuntut bebas terdakwa. Itu menunjukan sikap yang sportif yang berdampak pada penegakan hukum dan keadilan, bukan asal tuntut, itu yang saya catat. Mental seperti ini belum berubah,” keluhnya.

Dia menganggap kasus Gayus hanya perkara yang kecil, karena masih banyak perkara mafia pajak dan mafia hukum yang besar dan tidak tersentuh.

“Ini perkara (PT SAT) kecil, harusnya ungkap asal muasal uang Gayus yang Rp 25 miliar dan uang Rp74 miliar. Itu kan tidak dibongkar sama sekali dan bahkan tidak tersentuh dalam dakwaan,” tegasnya. [asr]

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.