* 100 Mahasiswa Terbaik dari Berbagai Kampus se-Indonesia Ngumpul di Baubau, Ada Apa?

HMINEWS- Sebanyak 100 mahasiswa terbaik dari berbagai Universitas di Indonesia akan berkumpul di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Mereka dijadwalkan untuk mengikuti Arung Sejarah Bahari.

Wali Kota Baubau, Mz Amirul Tamin di Baubau, Rabu, mengatakan, 100 mahasiswa tersebut terdiri dari berbagai disiplin ilmu di Universitas mereka masing-masing dan mempunyai Indeks Prestasi (IP) tinggi.

“Dalam arung sejarah bahari tersebut, ke 100 orang mahasiswa ini, akan membahas arung sejarah maritim, keterkaitan Budaya Bahari Kesultanan Buton dengan daerah lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, palaksanaan arung sejarah bahari ini direcanakan bertepatan Hari Ulang Tahun Sulawesi Tenggara yang jatuh pada 27 April 2011.

Sebelum dijadikan lokasi arung sejarah bahari, tambah Amirul, pihaknya telah melakukan berbagai langkah diantaranya melakukan revitalisasi dan inventarisasi terhadap sejumlah situs budaya di Baubau.

Sementara itu, Direktur Geografi Sejarah, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Endjat Djaenuderadjat beberapa waktu lalu, mengatakan, potensi luar biasa dimiliki Buton mulai dari stategis geografis, aksesbilitas, potensi pariwisata dan Sumber Daya Alam (SDA). “Potensi yang paling menonjol yaitu Bahari. Ini yang menjadikan kota Baubau sebagai tuan rumah Arung sejarah Bahari Indonesia,” katanya.[]dni