Amsterdam Gelar Pameran Seni Islam

HMINEWS- BERBAGAI karya yang terkenal di dunia seni Islam berkumpul di De Nieuwe Kerk yang berada di Dam, International Exhibition Centre, Gravenstraat 17 (www.nieuwekerk.nl). Hingga 17 April 2011, Anda yang kebetulan akan pergi ke Amsterdam, Belanda bisa mengamati berbagai koleksi menariknya.

Digagas oleh Profesor Nasser D. Khalili, ada lebih dari 500 benda seni yang akan ditampilkan, di antaranya Al-Qur’an dan naskah, lukisan, emas, permata, tekstil, keramik, gelas, vernis, logam dan ukiran kayu.

Koleksi yang ada meliputi karya-karya yang berasal dari seluruh dunia, seperti Cina, Spanyol, India, Tunisia, dan lainnya. Di antaranya ada naskah yang berasal dari abad ke-10 sampai abad ke-19, perhiasan batu mulia, enamel milik penguasa Mughal India serta miniatur indah dari India dan Iran.

Dalam pameran ini, Anda juga bisa melihat banyak hiasan kaligrafi dan pola geometris yang telah terkanal sebagi ciri khas seni Islam.

Menyinggung nama Profesor Nasser D. Khalili, ia memiliki hubungan yang kuat dengan Universitas Oxford. Di sana ia mendirikan sebuah perkumpulan penelitian seni Islam dan pusat penelitian seni dan budaya Timur Tengah. Ini adalah pertama kalinya berbagai koleksi yang ada ditampilkan di Belanda.

Untuk melihat berbagai karya seni indah tersebut, Anda bisa datang antara hari Jumat-Rabu mulai pukul 10.00-18.00 waktu setempat dan Kamis mulai pukul 10.00-22.00 waktu setempat. Biaya masuknya 15 euro (sekitar Rp181 ribu).[]MI/dni