HMINEWS.COM

 Breaking News

Konvoi Masyarakat Asia ke Gaza

November 04
11:56 2010

Shah Alam, HMINEWS-¬† South East Asia & East Asia regional meeting yang diselenggarakan oleh Asian People’s Solidarity for Palestine (APSP) yang berlangsung selama dua hari (3-4/11) di Shah Alam, Selangor Malaysia telah menghasilkan beberapa kesepakatan penting.

Salah satunya adalah komitmen bersama untuk membangun solidaritas masyarakat Asia dalam upaya membebaskan rakyat Palestina dari zionisme Israel. Sebagai langkah awal APSP akan merilis program The Asia to Gaza Solidarity Caracavan yaitu program longmarch kampanye pembebasaan Gaza yang diperkirakan akan melibatkan sekitar 500 orang dari 17 negara di Asia.

Hadir dalam pertemuan regional ini dari NGO dan Organisasi kemanusiaan dari Turky, Iran, Malaysia, India, Jepang, Singapura. Sementara dari Indonesia beberapa organisasi yang ikut antara lain: Voice of Palestin, MER-C, PAHAM, Sahabat Al Aqsa, PAHAM dan HMI.

menurut Imam Subkhan, Ketua Komisi Hubungan International PB HMI, konvoi ke Gaza yang diinisiasi oleh APSP akan dimulai dari New Delhi pada tanggal 2 Desember 2010 dengan menggunakan jalur darat dan laut menuju Gaza melewati Pakistan, Iran, Turkey, Syria, Jordan, Libanon dan Mesir.

Diperkirakan misi konvoi kemanusian ini akan sampai di Gaza tanggal 27 Desember 2010. Di kota-kota dimana disinggahi konvoi ini akan dilakukan kamapanye pembebasan Gaza dalam berbagai bentuk seperti diskusi, seminar, konferensi pers untuk menggalang dukungan bagi misi kemanusiaan ini.

Dalam pertemuan ini juga dihasilkan kesepakatan untuk memperluas gerakan ini terutama ke kelompok non Islam dan negara-negara asia yang belum terlibat dalam gerakan ini. Dan diharapkan APSP menjadi jaringan permanen  dan tidak hanya berhenti pada misi caravan. [] lara/isub

About Author

Redaksi

Redaksi

Related Articles

0 Comments

No Comments Yet!

There are no comments at the moment, do you want to add one?

Write a comment

Write a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.