Obama Datang, Rakyat Miskin Menyingkir!

HMINEWS.COM- Kedatangan Presiden Amerika Serikat Barack Obama ke Indonesia tak hanya menghabiskan banyak biaya protokoler. Kunjungan itu juga merugikan pedagang di sekitar kampus Universitas Indonesia.

Prosedur pengamanan membuat seluruh warung di lingkungan kampus tersebut ditutup. Penutupan dilakukan mulai Selasa (9/11) hingga tiga hari ke depan.

Meski hanya beberapa hari, penutupan itu membuat pedagang menanggung kerugian cukup besar. Tak tanggung-tanggung, tiap pedagang mengaku rugi ratusan ribu rupiah per hari.

Tidak hanya pedagang, pengguna jalan juga mungkin merasakan hal yang sama. Bagaimana tidak, jalan-jalan protokol yang akan dilewati Obama ditutup hal ini jelas makin menambah kemacetan.

Seperti diberitakan, kedatangan Presiden Obama dari Halim Perdanakusuma menuju Istana Negara akan berimbas penutupan jalan. Sebelumnya, Komisaris Besar Royke Lumowa mengatakan buka tutup jalan akan berlangsung berangsur-angsur sekitar 5-7 menit penutupan.

“Pada prinsipnya rute alternatif telah dipersiapkan petugas mengantisipasi jalur yang akan dilewati Presiden Obama,” terang Royke.

Seperti diberitakan, kedatangan Obama pada pukul 16.30 WIB pada hari ini, dari Halim Perdanakusuma akan menuju Istana Negara. Rombongan akan dilewatkan tol dalam kota keluarnya di pintu Tol Semanggi. Dari pintu tol Semanggi akan ke jalan Thamrin- Sudirman menuju istana.

Di Istana Negara akan bertemu dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, lalu istirahat sejenak ke hotel Shangrila di Jalan Sudirman Kavling 1 Jakarta. Malam harinya, Obama dari hotel Shangrila akan melewati rute jalan Thamrin-Sudirman untuk jamuan makan malam. Dari makan malam untuk kembali ke hotel, akan melewati Jalur Medan Merdeka Barat, Thamrin, dan Sudirman.[]dni/kcm